Informatika adalah bidang ilmu
mengenai studi,
perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta
prinsip-prinsip yang
menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika
sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer.
Apa itu komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan
dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan
atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir
kom- putasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu
kerangka dan proses berpikiryang mencakup perangkat keras,perangkat lunak,
dan
menalar (reasoning) mengenai
sistem dan persoalan.
Moda berpikir
(thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk
menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan.
Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.
Melalui mata pelajaran
informatika, diharapkan di masa mendatang, kalian
tidak hanya bisa mempergunakan teknologi
komputer, tetapi juga tahu kapan teknologi
tepat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan juga tahu bagaimana
membuat aplikasi teknologi untuk mengatasi berbagai persoalan. Dengan demikian, akan makin banyak orang
Indonesia yang mampu menciptakan teknologi berbasis
komputer yang bermanfaat
bagi banyak orang. Menarik, bukan?
Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip, praktik, dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoretis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan berefek bahwa produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so beautiful”).
Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih