Minggu, 21 Januari 2024

Informatika

Informatika  adalah   bidang  ilmu   mengenai  studi,  perancangan,  dan pembuatan  sistem  komputasi, serta  prinsip-prinsip yang  menjadi  dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan  penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa  Inggris informatics, computing, atau computer science.

 

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.

 

Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir kom- putasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikiryang mencakup perangkat keras,perangkat lunak,  dan  menalar (reasoning)    mengenai  sistem  dan  persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi  dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk   menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan.  Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Melalui  mata  pelajaran  informatika, diharapkan  di  masa  mendatang, kalian  tidak hanya bisa mempergunakan teknologi komputer, tetapi  juga tahu kapan teknologi tepat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan juga tahu bagaimana membuat aplikasi teknologi untuk mengatasi berbagai persoalan. Dengan demikian, akan   makin  banyak orang  Indonesia yang  mampu menciptakan teknologi berbasis komputer yang  bermanfaat bagi banyak orang. Menarik, bukan?
Informatika mencakup aspek  teoretis dan  praktis, mendorong  kalian  untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami dunia  nyata,  kemudian menciptakan perangkat keras  dan  perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip, praktik, dan  penemuan  (principles,  practice,  and  invention),  kalian  akan  menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoretis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”, baik karena  akan berefek bahwa produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so beautiful”).

Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan  Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK),   Jaringan Komputer dan Internet  (JKI),  Analisis  Data    (AD),  Algoritma  dan  Pemrograman  (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam bahasa  Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking  (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social Impact  of Informatics  (SOC), Computing  Practices (CP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih

Modul Ajar

 Modul Ajar Informatika Fase D Modul Ajar Informatika Kelas 7 Modul Ajar Informatika Kelas 8 Modul Ajar Informatika Kelas 9